Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Wildcard Subdomain untuk Endpoint Wireguard

Cara Membuat Wildcard Subdomain untuk Endpoint Wireguard

Di dunia internet gratis, atau sering disebut dengan gretongan, banyak metode atau cara yang digunakan untuk mendapatkan koneksi internet gratis dengan memanfaatkan bug atau celah dari operator seluler.

Pada saat saya dulu pertama kali mengenal dunia internet gratis pada tahun 2015, salah satu metode yang banyak dipakai untuk internet gratis adalah dengan memadukan bug, payload dan SSH tunneling yang dijalankan di aplikasi seperti HTTP Injector.

Dari tahun 2015 sampai sekarang tahun 2020, saya melihat banyak muncul beragam aplikasi maupun metode yang digunakan untuk mendapatkan internet gratis. Sebut saja misalnya metode SSH SSL, OpenVPN, shadowsocks, termasuk wireguard.

Salah satu metode yang saat ini banyak dipakai untuk internet gratis adalah dengan menggunakan wireguard. Wireguard adalah salah satu implementasi VPN yang mempunyai banyak kelebihan dibanding OpenVPN. Salah satunya, wireguard lebih cepat dibanding OpenVPN.

Untuk menjalankan wireguard di HP Android, kita cukup membuat akun wireguard yang bisa kita buat di banyak penyedia akun wireguard gratis di internet.

Setelah kita membuat akun wireguard, kita akan mendapatkan file konfigurasi yang biasanya mempunyai ekstensi .conf. File .conf ini kita impor lewat aplikasi Wireguard yang bisa kita download di Play Store.

Untuk memasukkan bug ke dalam file konfigurasi wireguard cukup mudah, kita tinggal membuat pointing bug ke IP server wireguard tersebut. Kemudian hasil pointing bug tersebut kita masukkan ke bagian endpoint seperti di gambar berikut.

Cara Membuat Wilcard Subdomain untuk Endpoint Wireguard


Kalau bugnya sudah pas biasanya kita bisa menikmati internet gratis dengan menggunakan wireguard.

Di blog ini sebenarnya saya sudah pernah membagikan tutorial bagaimana cara membuat pointing bug yang bisa digunakan untuk wireguard.

Tetapi buat Anda pemilik server wireguard yang ingin memudahkan client anda dalam menggunakan akun wireguard, Anda bisa membuat wildcard subdomain untuk endpoint wireguard.

Dengan menggunakan wildcard subdomain, maka client kita untuk memasukkan bug cukup dengan menambahkannya di depan subdomain yang sudah kita sediakan, seperti di gambar berikut.

Cara Membuat Wilcard Subdomain untuk Endpoint Wireguard


Sehingga client kita tidak perlu melakukan pointing bug sendiri.

Cara Membuat Wildcard Subdomain untuk Endpoint Wireguard


Berikut adalah cara membuat wildcard subdomain untuk endpoint wireguard.

1. Siapkan sebuah domain. Jika Anda belum mempunyai domain, Anda bisa beli di banyak penyedia domain di internet. Misanya rumahweb.com, niagahoster.com dan masih banyak lagi.

2. Setelah domain tersebut aktif, login ke panel domain Anda.

3. Pilih menu DNS

3. Buatlah dua buah A record seperti di gambar berikut

Cara Membuat Wilcard Subdomain untuk Endpoint Wireguard


Cara Membuat Wilcard Subdomain untuk Endpoint Wireguard

Keterangan :

- Di A record pertama, pada bagian domain isi dengan sg. Pada bagian IP isi dengan IP server Wireguard Anda. Kata sg bisa Anda ganti dengan kata lain sesuai keinginan Anda

- Di A record kedua, pada bagian domain isi dengan *.sg . Pada bagian IP isi dengan IP server Wireguard Anda.

Setelah Anda membuat dua buah A record di atas, maka sekarang client Anda bisa menambahkan bug secara langsung di depan subdomain yang tadi Anda buat. Seperti di gambar berikut.

Cara Membuat Wilcard Subdomain untuk Endpoint Wireguard


Penutup


Demikianlah telah saya bagikan tutorial sederhana bagaimana cara membuat wildcard subdomain untuk endpoint wireguard. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Wildcard Subdomain untuk Endpoint Wireguard"