Tuesday, February 13, 2018

Membuat Usaha Web Hosting


Di internet kita bisa melihat ada banyak situs penyedia layanan web hosting. Baik dari dalam dan luar negeri. Sebut saja dari dalam negeri ada Rumahweb, Niagahoster, Dewaweb. Dari luar negeri ada Hostgator, Hawkhost, Siteground. Dan masih banyak lagi.

Mungkin dari kita termasuk saya sendiri ada yang tertarik untuk membuat usaha web hosting seperti yang dilakukan situs-situs di atas.

Untuk membuat usaha web hosting ada berbagai cara yang bisa kita lakukan.


1. Menjadi reseller


Menjadi reseller adalah salah satu cara yang paling mudah dan cukup terjangkau untuk kita bisa memulai usaha web hosting. Di internet ada banyak situs yang menyediakan paket reseller web hosting. Sebut saja di dalam negeri ada idcloudhost.com.

Idcloudhost menyediakan berbagai pilihan paket reseller yang bisa kita pilih. Yang paling murah ada paket R-SSD1. Paket reseller ini harganya cukup murah, hanya 80 ribu per bulan. Dengan harga segini kita bisa mendapatkan paket reseller dengan storage 5 GB. Cukup kecil. Tapi lumayan bagus untuk start bagi pemula yang ingin usaha web hosting.

Selain idcloudhost masih banyak lagi situs penyedia reseller web hosting. Ketik saja di pencarian google dengan kata kunci reseller web hosting, maka Anda akan menemukan banyak sekali situs penyedia layanan reseller web hosting dengan berbagai pilihan paket.

2. Usaha web hosting dengan VPS


Dengan memanfaatkan VPS kita juga bisa membuat usaha web hosting. Untuk memanfaatkan VPS menjadi usaha web hosting sebenarnya cukup komplek, bila kita harus manage sendiri. Ada banyak hal yang harus kita persiapkan agar VPS bisa kita manfaatkan untuk usaha web hosting. Misalnya : install panel web hosting (seperti cPanel/WHM, Direct Admin), install Billing (seperti WHMCS, Boxbilling, Blesta), install Softaculous dan lain-lain.

Total biaya yang kita keluarkan untuk memanfaatkan VPS menjadi layanan web hosting sebenarnya cukup mahal. Selain biaya sewa VPS, kita harus mengeluarkan biaya untuk lisensi panel, lisensi Billing, lisensi Softaculous dan lain-lain.

3. Usaha web hosting dengan Dedicated Server


Pilihan ketiga ini adalah pilihan yang banyak dipakai oleh situs-situs web hosting besar seperti rumahweb dan lainnya. Kita harus sewa Dedicated Server yang harganya cukup mahal. Saya cek di internet sewa Dedicated Server paling murah sekitar 300 ribuan per bulan. Cukup mahal untuk pemula. Belum lagi selain mengeluarkan biaya untuk sewa Dedicated Server kita harus mengeluarkan biaya lain seperti lisensi panel, lisensi Billing, lisensi Softaculous dan lain-lain.

Tiga point di atas adalah cara yang bisa Anda coba bila Anda ingin membuat usaha web hosting. Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Comments


EmoticonEmoticon