Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selayang pandang tentang Wordpress

Wordpress adalah CMS paling populer di dunia. Berdasarkan informasi dari w3techs.com, Wordpress digunakan oleh sebesar 59.7 % website yang ada di dunia.


Mengapa Wordpress bisa sedemikian populer ? Ada beberapa alasan.

  1. Wordpress itu gratis untuk digunakan
  2. Bila kita membutuhkan bantuan, di internet banyak tersedia resource yang membahas tentang wordpress. Di media sosial seperti Facebook juga banyak grup-grup Wordpress
  3. Banyak tersedia template dan plugin baik yang free maupun berbayar (premium)
  4. Wordpress mempunyai dashboard atau antarmuka yang mudah dipahami
Itu adalah beberapa alasan mengapa Wordpress bisa sedemikian populer hingga menguasai market share 50 % lebih di dunia website.

Kepopuleran Wordpress hingga sebesar ini memang sangat menarik. Pada awalnya Wordpress hanyalah sebuah platform blogging. Tetapi hingga kini Wordpress telah beralih menjadi CMS yang multifungsi. Wordpress dipakai mulai dari personal, bisnis, e-commerce dan lain-lain.

Sebenarnya di dunia CMS Wordpress tidaklah sendirian. Masih banyak CMS lain yang dulu sempat populer, seperti Joomla, Drupal dan lain-lain.

Joomla dan Drupal adalah CMS yang sebenarnya mempunyai fitur yang sangat bagus. Tetapi penggunanya sangat sedikit bila dibandingkan dengan Wordpress. Menurut informasi dari w3tech.com, Joomla mempunyai market share 6.7 %, Drupal mempunyai market share 4.7 %.

Membuat website berbasis Wordpress pada dasarnya sangat mudah. Pertama Anda harus menyiapkan domain dan hosting. Setelah itu Anda tinggal menginstall wordpress di hosting. Selesai menginstall wordpress Anda bisa melanjutkan untuk mengkustomisasi tampilan Wordpress dengan tema, menambahkan plugin, mengisi content dan lain-lain.

Untuk Anda yang lebih suka mengatur tampilan website secara visual juga tersedia builder untuk wordpress. Dengan menggunakan builder maka membuat website menjadi lebih mudah. Anda hanya perlu melakukan drag and drop.

Cukup sekian pembahasan selayang pandang tentang Wordpress. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Sekedar info, bila Anda membutuhkan hosting gratis bisa inbox saya di sini.
 

Posting Komentar untuk "Selayang pandang tentang Wordpress"