Tuesday, October 31, 2017

Membuat website mudah dengan website builder

Membuat website memang gampang-gampang susah. Apalagi untuk pemula seperti saya. Hanya sedikit paham tentang HTML, CSS, PHP dll.

Menggunakan CMS seperti Wordpress sebenarnya sudah jauh lebih baik. Daripada harus membuat website tanpa CMS.

Tetapi adakalanya untuk pemula seperti saya mengalami kesulitan untuk membuat desain web yang saya inginkan dengan Wordpress.

Setelah belajar beberapa lama memang akhirnya saya sedikit memahami tentang cara kerja Wordpress dan cara kustomisasinya agar sesuai dengan keinginan kita.

Kalau untuk sekedar membuat blog yang berisi artikel-artikel atau post, Wordpress memang cukup mudah seperti halnya Blogger atau Blogspot.

Tetapi ada kalanya kita ingin membuat website untuk keperluan lain selain blog. Misalnya untuk membuat landing page, website perusahaan dan tipe-tipe website lain selain blog.

Untungnya di internet banyak alternatif lain yang bisa kita pakai untuk membangun sebuah website. Salah satunya adalah website builder.



Website builder yang saya maksud di sini adalah software baik berbasis web atau non web yang berfungsi untuk membuat halaman web secara visual, atau drag and drop.

Content web yang ingin kita tampilkan, baik berupa teks maupun gambar bisa kita atur cukup dengan drag and drop.

Di internet kita bisa menjumpai banyak website builder, baik yang gratis maupun berbayar.  Salah satu yang populer adalah Wix. Wix adalah salah satu website builder yang cukup populer.

Membuat website secara visual dengan Wix sangat mudah. Kita hanya perlu menambahkan element/content web seperti gambar, teks dan lain-lain ke dalam canvas web kita. Sangat mudah daripada kita harus menyusun kode-kode HTML, CSS yang cukup rumit untuk pemula seperti saya.

Selain Wix, masih banyak website builder yang lain. Silahkan Anda ketik di pencarian Google dengan kata kunci website builder, maka Anda akan menemukan banyak sekali layanan website builder, baik yang gratis maupun berbayar.

Semoga post sederhana ini bisa memberikan gambaran untuk Anda yang masih awam dalam membuat website, seperti saya misalnya.

Comments


EmoticonEmoticon