Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Akun SSH Gratis

Di artikel kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat akun SSH gratis.

Membuat akun SSH gratis sebenarnya sangat mudah. Di internet ada banyak web penyedia akun SSH gratis. Sebut saja misalnya fastssh.com, jagoanssh.com, speedssh.com dan masih banyak lagi.

Ketik saja "akun ssh" atau "ssh account" di Google, maka akan muncul banyak situs penyedia akun SSH gratis.

Apa itu Akun SSH ?

Akun SSH biasanya terdiri atas detail seperti ini :

Host : m.sg4.ssl.speedssh.com
Username : speedssh.com-bustami
Password : 12345
Account will expire on 26-December-2020
Open SSH : 22,109,110
Dropbear : 444,143,80
SSL : 443

Detail di atas adalah contoh akun SSH yang saya buat di salah satu web penyedia akun SSH gratis, yaitu speedssh.com

Sebenarnya akun SSH itu apa ? Secara sederhana, akun SSH adalah informasi host, username dan password yang diperlukan untuk dapat melakukan koneksi SSH ke sebuah server SSH.

Sebuah akun SSH sebenarnya bisa melakukan koneksi SSH lewat aplikasi seperti JuiceSSH. Tetapi karena alasan keamanan, biasanya web penyedia akun SSH gratis hanya mengijinkan akun SSH tersebut untuk mengakses layanan SSH tunneling saja.

Apa itu SSH Tunneling ?

SSH tunneling adalah sebuah teknik untuk membuat lalu lintas data dari user ke server menjadi lebih aman dengan menggunakan enkripsi. Dengan menerapkan teknik enkripsi ini maka lalu lintas data antara user dan server menjadi lebih aman, tidak bisa diintip.

Manfaat SSH Tunneling

Tujuan utama SSH Tunneling adalah untuk membuat lalu lintas data dari user ke server menjadi lebih aman. Tetapi ternyata dalam perkembangannya, SSH Tunneling dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mendapatkan akses internet gratis atau murah.

Dengan memanfaatkan SSH Tunneling para pecinta internet gratis di Indonesia (gretonger) bisa mendapatkan akses internet murah dengan cara mengubah kuota internet tertentu dari operator seluler menjadi kuota utama.

Seperti yang saat ini sedang ramai di dunia internet gratis, banyak orang yang mencari cara bagaimana untuk mengubah kuota belajar dari pemerintah menjadi kuota utama. Salah satu cara yang banyak digunakan adalah menggunakan aplikasi seperti HTTP Injector.

Aplikasi HTTP Injector bekerja dengan menggunakan SSH Tunneling. Dengan konfigurasi payload yang tepat maka kita bisa mengubah kuota internet tertentu menjadi kuota reguler.

Cara Membuat Akun SSH Gratis di FastSSH

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal, membuat akun SSH gratis itu mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetikkan kata kunci "ssh account" di google, maka akan muncul daftar web penyedia akun SSH gratis. Kemudian Anda pilih salah satu web yang ditampilkan. Di web tersebut biasanya akan ditampilkan pilihan lokasi server. Kadang-kadang terdapat juga pilihan masa aktif akun SSH. Setelah memilih salah satu server, kita biasanya diminta untuk membuat username dan password. Setelah itu kita diminta untuk klik tombol create atau buat akun. Setelah menunggu beberapa saat biasanya detail akun SSH akan ditampilkan.

Sebagai contoh, di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat akun SSH gratis di FastSSH.

  1. Buka website FastSSH
  2. Pilih salah satu lokasi yang tersedia. Asia biasanya pilihan yang tepat untuk pengguna di Indonesia.


  3. Pilih salah satu negara yang tersedia. Singapore dan Indonesia biasanya mempunyai kecepatan yang bagus untuk pengguna di Indonesia


  4. Terdapat beberapa pilihan server. Silahkan Anda pilih salah satu. Jangan Anda pilih server yang ada keterangan FULL. Tetapi pilihlah yang mempunyai keterangan Available atau berwarna hijau


  5. Sebaiknya Anda salin informasi Host, Dropbear Port dan OpenSSH Port seperti di gambar berikut


  6. Perhatikan gambar di bawah. Di bagian kiri adalah jika Anda ingin membuat akun SSH dengan masa aktif 7 hari. Di bagian kanan adalah jika Anda ingin membuat akun SSH dengan masa aktif 14 hari


  7. Di sini saya akan membuat akun SSH 7 hari. Silahkan Anda isi kolom username dan password. Centang I'm not a robot. Kemudian klik Create Account


  8. Tunggu beberapa saat sampai akun SSH Anda selesai dibuat. Maka akan ditampilkan detail akun SSH Anda seperti di gambar berikut. Seperti yang Anda lihat, di situ ditampilkan informasi akun SSH Anda seperti Username, Password, Host dan tanggal kadaluwarsa akun.


Catatan

  • Jika Anda membutuhkan akun SSH dengan masa aktif 30 hari, saya menyarankan untuk membuatnya di SpeedSSH atau FlySSH. Tetapi sebaiknya Anda membuatnya tengah malam di pukul 12  atau paling tidak sebelum pukul 1 pagi agar masih kebagian akun.

Penutup

Demikianlah telah saya jelaskan bagaimana cara membuat akun SSH gratis. Semoga informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Akun SSH Gratis"