Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Shadowsocks di VPS CentOS

Cara Install Shadowsocks di VPS CentOS

Di artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara install Shadowsocks di VPS Debian dan Ubuntu. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara install Shadowsocks di VPS CentOS.

Shadowsocks adalah socks5 proxy yang sangat handal dalam mengatasi blokir website. Secara fungsi memang mirip dengan VPN. Tetapi di China, di mana pemerintahnya memblokir situs-situs seperti Google, Facebook, VPN tidak berfungsi. Di China menggunakan VPN percuma. Di sana VPN tidak dapat digunakan untuk mengatasi blokir website. Satu-satunya penyelamat hanyalah Shadowsocks. Dengan menggunakan Shadowsocks masyarakat China bisa menembus blokir dari pemerintah, sehingga mereka bisa mengakses website seperti Google, Facebook dan website-website lain yang diblokir oleh pemerintah.

Cara install Shadowsocks di VPS CentOS sebenarnya ada beberapa cara. Di samping itu implementasi Shadowsocks juga ada banyak. Sehingga cara install Shadowsocks pun beragam. Tetapi kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara install Shadowsocks-libev, yaitu salah satu implementasi Shadowsocks yang ringan, hemat resources dan mempunyai banyak fitur.

Silahkan disimak langkah-langkah menginstall Shadowsocks di VPS CentOS berikut.

Catatan :

- Di tutorial kali ini saya menggunakan VPS CentOS 7, tetapi tutorial ini juga bisa diterapkan di CentOS 6.

Cara Install Shadowsocks di VPS CentOS


1. Login ke VPS menggunakan user root, via aplikasi terminal favorit Anda. Seperti Putty (Windows) atau JuiceSSH (Android).

2. Install wget dengan perintah berikut

yum -y install wget


3. Install nano dengan perintah berikut

yum -y install nano


4. Download script installer Shadowsocks-libev dengan perintah berikut

wget https://raw.githubusercontent.com/teddysun/shadowsocks_install/master/shadowsocks-libev.sh


5. Ubah script menjadi executable dengan perintah berikut

chmod +x shadowsocks-libev.sh


6. Jalankan script installer dengan perintah berikut

./shadowsocks-libev.sh


7. Akan muncul prompt password seperti di gambar berikut. Silahkan Anda ketik password yang Anda inginkan untuk Shadowsocks, lalu tekan enter

Cara Install Shadowsocks di VPS CentOS


8. Akan muncul prompt input port Shadowsocks seperti di gambar berikut. Jawab dengan mengetikkan port shadowsocks yang Anda inginkan, misalnya 8388, lalu tekan enter

Cara Install Shadowsocks di VPS CentOS


9. Akan muncul pilihan stream cipher seperti di gambar berikut. Jawab dengan mengetikkan angka pilihan stream cipher, misalnya 7, lalu tekan enter

Cara Install Shadowsocks di VPS CentOS


10. Akan muncul prompt Press any key to start. Jawab dengan menekan enter, maka proses install Shadowsocks akan berjalan.

Cara Install Shadowsocks di VPS CentOS


Proses install Shadowsocks berjalan lebih kurang 3-5 menit. Berikut adalah tampilan terminal ketika instalasi Shadowsocks sudah selesai.

Cara Install Shadowsocks di VPS CentOS


Seperti yang Anda lihat, di sana ditampilkan detail akun Shadowsocks seperti Server IP, Server Port, Password dan Encryption Method.

Silahkan Anda catat informasi tersebut dengan baik, karena informasi tersebut akan Anda gunakan untuk melakukan koneksi Shadowsocks di HP Android ataupun juga di PC.

Edit File Konfigurasi Shadowsocks


Untuk cara edit file konfigurasi Shadowsocks pada dasarnya sama dengan bagaimana cara edit file tersebut di VPS Debian/Ubuntu. Silahkan Anda simak di link berikut : https://www.kangarif.net/2019/06/install-shadowsocks-di-debian-ubuntu.html

Hanya saja untuk perintah restart Shadowsocks ganti dengan perintah berikut

/etc/init.d/shadowsocks restart


Demikianlah telah saya uraikan bagaimana cara install Shadowsocks di VPS CentOS. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Install Shadowsocks di VPS CentOS"