Skip to main content

Tips Memilih Penyedia Hosting dan Paket Hosting

Di Indonesia ada banyak penyedia hosting. Sebut saja niagahoster, rumahweb, domainesia, dewaweb dan lain-lain.

Dengan banyaknya pilihan tersebut ditambah dengan pilihan paket-paket hosting yang mereka tawarkan, tentu saja akan semakin membuat bingung bagi kita untuk memilih hosting mana yang akan kita pakai.

Memilih hosting memang gampang-gampang susah. Berikut akan saya sajikan beberapa faktor yang bisa Anda jadikan acuan untuk memilih hosting yang tepat untuk kebutuhan Anda.


1. Tentukan dulu target visitor web Anda

Apakah website Anda, visitornya kebanyakan dari Indonesia, luar negeri atau keduanya ? Jika website Anda mempunyai visitor dari Indonesia, dan memang Anda menargetkan website Anda untuk visitor Indonesia maka akan lebih baik bila Anda memilih hosting dengan server yang ada di Indonesia.

Demikian pula bila website Anda, Anda targetkan untuk visitor dari luar negeri Anda bisa memilih hosting dengan server yang berada di US misalnya.

Bila website Anda, Anda targetkan untuk visitor dari dalam dan luar negeri maka Anda bisa memilih hosting dengan server di Singapura.

Pilihan tempat server hosting yang tepat akan membuat website Anda lebih cepat untuk diakses.

2.  Tentukan tipe website yang akan Anda bangun

Apakah website Anda adalah website berjenis blog yang dipenuhi dengan teks dan gambar ? Jika iya maka sebaiknya Anda memilih paket hosting dengan disk space minimal 1 GB.

Apakah website Anda berupa halaman statis yang hanya membutuhkan disk space kecil ? Jika iya maka Anda bisa memilih paket hosting dengan diskspace yang kecil, misalnya 250 MB.

3. Tentukan apakah website yang Anda bangun adalah website yang serius atau hanya untuk belajar

Jika website yang akan Anda bangun adalah website temporer, hanya untuk belajar maka Anda bisa memakai hosting gratis, misalnya dari arifcloud.cf

Jika website yang akan Anda bangun adalah website yang serius maka Anda disarankan memakai hosting berbayar.

4. Pilih shared hosting atau VPS hosting ?

Shared hosting adalah tipe hosting di mana hosting yang kita pakai mempunyai resource, seperti CPU, disk, RAM yang berbagi pakai dengan pengguna hosting yang lain.

Tipe hosting jenis ini jika ada pengguna hosting yang webnya memakai resource seperti CPU dan RAM secara berlebihan maka bisa mengganggu pengguna hosting yang lain.

Tipe hosting yang lain adalah VPS hosting. Hosting jenis ini kita mempunyai resource yang privat. CPU, disk, RAM hanya kita yang bisa memakai. Jadi tidak ada berbgi pakai seperti shared hosting.

Menggunakan VPS hosting memang adalah salah satu pilihan terbaik. Performa website kita bisa lebih terjaga.

Disamping kedua tipe hosting di atas sebenarnya masih ada lagi satu tipe hosting, yaitu dedicated server hosting. Tipe hosting jenis ini menggunakan resource secara penuh dan privat. Hampir mirip dengan VPS. Tetapi dedicated server ini benar-benar server fisik. Ibaratnya jika komputer kita adalah dedicated server, maka kita bebas menggunakan resource secara privat. Sementara VPS adalah sebuah server virtual yang dibuat di dedicated server.

Pilih mana ? Antara shared hosting, VPS hosting atau dedicated server ?

Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan budget Anda.

Bila website Anda mempunyai traffic dan penggunaan resource CPU yang relatif rendah, Anda bisa memilih shared hosting.

Jika website Anda mempunyai traffic dan penggunaan resource CPU yang lumayan tinggi Anda bisa memilih VPS hosting.

Jika website Anda mempunyai traffic dan penggunaan resource CPU yang sangat tinggi maka akan lebih baik jika Anda memilih dedicated server.

5. Memilih penyedia hosting

Memilih penyedia hosting memang gampang-gampang susah. Di Indonesia ada banyak penyedia hosting. Baik yang sudah lama berdiri, misalnya rumahweb, niagahoster. Ada juga penyedia hosting yang umurnya baru beberapa tahun bahkan ada yang baru beberapa bulan.

Pada dasarnya saya menyarankan Anda untuk memperhatikan faktor-faktor berikut bila Anda akan memilih penyedia hosting.

a. Pilihlah penyedia hosting yang sudah jelas reputasinya

Untuk mengetahui reputasinya kita bisa melihat bagaimana tingkat kepuasan konsumen.  Bergabunglah di forum-forum yang ada di internet, misalnya di Facebook, atau di forum hosting. Di mana di sana kita bisa melihat bagaimana tanggapan orang-orang yang pernah menggunakan hosting di penyedia hosting terntentu.

Apakah mereka puas ? Ataukah ada banyak masalah ?

Hal-hal seperti ini bisa Anda jadikan pertimbangan.

b. Pilihlah penyedia hosting yang populer dan banyak dipakai

Logikanya sederhana. Bila sebuah penyedia hosting populer dan banyak dipakai biasanya memiliki kualitas yang bisa di andalkan.

Walaupun tidak sepenuhnya benar, tetapi faktor ini bisa Anda jadikan pertimbangan.

Uraian di atas semoga bisa membantu Anda untuk memilih penyedia hosting dan paket hosting yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Bila ada masukkan atau koreksi bisa Anda sampaikan di komentar.






Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar