Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2021 dari Kemendikbud

Di tahun 2021 ini pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali memberikan bantuan kuota data internet untuk para peserta didik dan pendidik di Indonesia.

Tetapi bantuan kuota data internet ini mempunyai beberapa perbedaan dibanding dengan bantuan kuota data internet di tahun 2020.

#1

Besaran kuota internet sekarang lebih sedikit. Berikut adalah rincian besaran bantuan kuota data internet untuk tiap jenjang pendidikan.

  1. Peserta didik jenjang PAUD : 7 GB per bulan
  2. Peserta didik jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah : 10 GB per bulan
  3. Pendidik jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah : 12 GB per bulan
  4. Dosen dan mahasiswa : 15 GB per bulan

#2

Tidak ada pembagian kuota utama dan kuota belajar seperti di tahun 2020. Di tahun 2021 ini bantuan kuota data internet dari Kemendikbud mempunyai format kuota utama saja.

Kuota utama ini bisa digunakan untuk mengakses semua website dan aplikasi sebagaimana kuota reguler, dengan beberapa batasan.

  1. Tidak bisa digunakan untuk mengakses website yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika
  2. Tidak bisa digunakan untuk mengakses beberapa website atau aplikasi sosial media seperti : Facebook, Twitter, Instagram dan TikTok

#3

Di tahun 2021 ini bantuan kuota data internet dari Kemendikbud berlaku untuk tiga bulan yaitu dari bulan Maret hingga Mei 2021.

Penyaluran kuota data internet ini akan dilakukan tiap bulan pada tanggal 11-15.

#4

Khusus untuk penerima bantuan kuota data internet di tahun 2020 yang penggunaan kuota data internetnya di bawah 1 GB, maka di tahun 2021 ini tidak akan menerima bantuan kuota lagi.

#5

Untuk informasi yang lebih lengkap tentang bantuan kuota data internet tahun 2021, Anda bisa mengunjungi situs resmi kuota belajar Kemdikbud di alamat : https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/

Buku saku program kuota belajar bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen bisa didownload di link berikut.

Apakah ada cara agar kuota internet dari Kemendikbud bisa digunakan untuk mengakses Facebook, Twitter, Instagram dan TikTok ?

Jawabannya ada. Anda bisa menginstall aplikasi VPN yang banyak tersedia di Play Store. Ketikkan saja vpn di Play Store, maka Anda akan menemukan banyak sekali aplikasi VPN yang bisa Anda coba satu-satu.

Setelah Anda menginstall dan menjalankan aplikasi VPN maka Anda akan bisa mengakses aplikasi dan website sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan TikTok.

Selain menggunakan aplikasi VPN, Anda bisa juga mencoba cara yang saya uraikan di artikel : cara mengubah kuota Kemendikbud menjadi kuota utama.

Kesimpulan

Bantuan kuota data internet di tahun 2021 ini memang ada beberapa perbedaan dibanding dengan tahun sebelumnya.

Tetapi yang paling penting adalah agar bantuan kuota tersebut bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya, untuk membantu kegiatan belajar mengajar di rumah selama masa pandemi COVID-19 ini.

Semoga informasi yang saya bagikan di artikel ini bermanfaat.

4 komentar untuk "Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2021 dari Kemendikbud"

  1. Kuota bantuan Kemdikbud yang masuk ke saya masih terbagi jadi kuota edukasi min, hehe
    Semangat minπŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap gan. Terima kasih infonya πŸ˜πŸ™

      Hapus